Workshop Verifikator Program dan Pelaksanaan Anggaran


  Kamis, 04 Oktober 2018 Kegiatan DITJENPPMD

JAKARTA - Sekretariat Direktorat Jenderal Pembangunan dan  Pemberdayaan Masyarakat Desa (Ditjen PPMD) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menyelenggarakan kegiatan Workshop Peningkatan Kapasitas Verifikator Program dan Pelaksanaan Anggaran yang dilaksanakan di Hotel Kaisar, Jakarta. (27/09/2018)

Kegiatan yang difasilitasi oleh Bagian Perencanaan ini merupakan upaya Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa untuk tertib administrasi dalam Perencanaan Program dan Pelaksanaan Anggaran agar tepat sasaran.

Foto Peserta Workshop Peningkatan Kapasitas Verifikator Program dan Pelaksanaan Anggaran

Sekretaris Ditjen PPMD, Bapak H. Muklis dalam sambutannya menekankan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para pegawai di lingkungan Ditjen PPMD dalam mengawal pengendalian dokumen pada seluruh pelaksanaan kegiatan yang dijalankan pada setiap masing-masing unit kerja.

"Sebagai auditor internal atau sebagai verifikator pada masing-masing Unit Kerja Eselon II dan Sekretariat" sambung beliau.

Pengendalian dokumen secara administrasi dimaksud meliputi pengendalian pada saat Perencanaan Kegiatan hingga penyusunan TOR, RAB, Juknis, Pengadaan Barang - Jasa dan lainnya, hal ini dapat meminimalisir terjadinya penyimpangan, dengan mengikuti regulasi/aturan yang berlaku.

Dengan diadakannya kegiatan ini, Sesditjen PPMD berharap dapat menambah wawasan dan pada saat dilakukan audit internal maupun eksternal, kesiapan data dan dokumen yang menjadi penilaian akuntabilitas dalam pengelolaan Anggaran Ditjen PPMD dapat dipertanggungjawabkan dengan baik dan benar sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 26 - 28 September 2018 dengan Materi yang disampaikan oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) serta diikuti oleh peserta dari perwakilan Unit Kerja Eselon II dan Sekretariat Ditjen PPMD. (AP)