DIRJEN PPMD TAUFIK MADJID: BANDAR UDARA SEBAGAI PINTU GERBANG SAIL NIAS 2019


  Rabu, 04 September 2019 Berita DITJENPPMD

Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Taufik Madjid menegaskan, kesiapan detail lokus Bandar Udara Binaka, Nias dan fasilitas pendukungnya dalam konteks Sail Nias menjadi sangat penting dan strategis karena menjadi pintu gerbang penyambutan kedatangan  Presiden Jokowi beserta rombongan dan para tamu pada acara Sail Nias 2019.

 

Oleh karena itu, dirinya sebagai penanggungjawab puncak acara Sail Nias 2019 berharap agar segala hal terkait dengan sarana bandar udara, baik ruang VVIP dan fasilitas lainnya  selesai pengerjaannya sebelum puncak acara berlangsung, yakni  (11-15/09/2019).

 

Demikian harapan Dirjen Taufik dalam kunker kesiapan Sail Nias di Ruang Media Conference, Bandar Udara Binaka, Gunung Sitoli, Kepulauan Nias, Selasa, (03/09/2019).

 

Dalam rapat bersama antar Kementerian/Lembaga, Bupati/Walikota dan OPD terkait, Taufik menyampaikan, di lihat dari sisi gedung maupun ruang

Bandar Udara yang nantinya menjadi tempat transit Presiden dan rombongan sudah representatif. Namun dari sisi sarana penunjang seperti halaman sekitar gedung, holding, taman dan lainnya perlu sedikit dilakukan penataan dan dipercantik.

 

"Kita optimis semua selesai sesuai target waktu. Pendamping Desa juga disiapkan membantu demi suksesnya agenda Sail Nias 2019", tegasnya.

 

Terkait sarana pendukung lain, baik terkait air bersih, jenset, taman, parkir, kebersihan dan lainnya, juga perlu menjadi perhatian bersama.

 

Begitu  pula terkait dengan  hal-hal non-fisik, baik setting tata ruang, ventri, petugas di masing-masing unit di saat kedatangan Presiden Jokowi dan rombongan, Taufik yakin pihak Pemda setempat  telah siap dengan segala sesuatunya dengan baik.

 

Sebagaimana diketahui, puncak acara Sail Nias 2019 (14/09/2019) yang menjadi tanggungjawab Kemendes PDTT akan diisi berbagai kegiatan yang dipusatkan di Dermaga Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan. Pada acara tersebut ditampilkan antara lain Farmozi Gondra, Orahu (syair lokal), Tari Fame Afo, Suara Anak Nias, Penandatanganan Simbolik Perangko Sail Nias 2019, Pemberian Bantuan Revitalisasi Cagar Budaya Nasional Desa Bawomataluo.

 

Taufik juga berharap agar kegiatan Sail Nias 2019 dengan dukungan semua pihak dapat berjalan sukses dan berdampak positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Kepulauan Nias khususnya dan masyarakat di Provinsi Sumatera Utara pada umumnya.

(Rilis AR/Sky/zl)