JOKOWI HADIRI TEMU KARYA NASIONAL GELAR TEKNOLOGI TEPAT GUNA - XX DI GWK BALI


  Senin, 22 Oktober 2018 Berita DITJENPPMD

BALI – Presiden Jokowi membuka acara Temu Karya Nasional, Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke – XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa/Kelurahan (PINDesKel) Tahun 2018 di kawasan Garuda Wisnu Kencana, Provinsi Bali (19/10/2018).

Pada kesempatan saat membuka acara, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa tahun 2019 Anggaran Dana Desa akan dinaikkan menjadi 73 Triliun. Selain Dana Desa, Pemerintah juga akan mengucurkan Dana Operasional Desa dan Dana Kelurahan.

“Perlu saya sampaikan untuk Kota, bahwa aka nada yang namanya Anggaran Kelurahan, tahun depan dapat. Mumpung saya ingat, perlu saya sampaikan bahwa akan ada Dana Operasional Desa kurang lebih 5% ”kata Jokowi.

“Saya titip setelah menggarap pembangunan Infrastruktur, kita harus bergeser untuk melaksanakan pemberdayaan ekonomi Daerah dan Desa dengan Inovasi dan Teknologi Tepat Guna” imbuhnya.

Gelar TTG ini sudah dilakukan sejak 1999, Melalui Perpres 165 dan Perpres 12 tahun 2015, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menjadi leading sector untuk Gelar TTG Nasional terhitung sejak tahun 2015 lalu.  Tema yang diangkat pada Tahun ini adalah “ Melalui Inovasi dan Teknologi Tepat Guna, Kita Wujudkan Desa yang Maju, Mandiri dan Sejahtera Sesuai Kearifan Lokal”.

Temu Karya Nasional, Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke – XX ini berlangsung pada 19  sampai 21 Oktober 2018 dan dihadiri oleh 15000 peserta dari perangkat desa dan kelurahan, pemerintah kabupaten, pemerintah kota serta pemerintah provinsi se – Indonesia.(A)