INDEKS DESA MEMBANGUN MENGAWAL PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA


  Jumat, 12 Oktober 2018 Berita DITJENPPMD

BATAM – Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi melaksanakan kegiatan Faslitasi Data dan Informasi di Hotel BCC Batam (11/10/2018).

Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk mengumpulkan Rekap Data Inputan Indek Desa Membangun (IDM) Tahun 2018 dan untuk Menetapkan Status Kemajuan dan Kemandirian Desa, serta untuk meyediakan  Data dan Informasi untuk Pembangunan Desa.

Dalam kesempatan membuka kegiatan ini Ir. Hariyanti, MM selaku Kepala Bagian Perencanaan Sekretariat Ditjen PPMD menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak, khususnya para pendamping lokal desa yang ada di garda depan penyelenggaraan pengumpulan data Indeks Desa Membangun (IDM).

“Indeks Desa Membangun merupakan sumber data Desa yang disediakan untuk kepentingan pembangunan Desa, karena data yang dihasilkan memang benar-benar berasal dari lapangan yang dikawal ketat oleh para pendamping desa secara berjenjang, Terimakasih kepada seluruh Pendamping Lokal Desa sebagai garda terdepan dalam penyelenggaraan pengumpulan data Indeks Desa Membangun ini” pungkasnya.

Di hari kedua Dr. Ivanovich Agusta selaku Plt. Kepala Pusat data dan Informasi, Kemendesa PDT & Transmigrasi RI memaparkan bahwa keberadaan data yang dihasilkan oleh para pendamping desa mempunyai manfaat yang sangat besar bahkan nilai Rellabillity nya mencapai 0,98 sehingga akurasi datanya mendekati sempurna. Secara periodik dalam jangka satu tahun kegiatan pengimputan data pembangunan desa dapat dilaksanakan karena sumber daya manusia di lapangan selalu siap setiap saat karena tergabung dalam pendampingan desa dibawah kementerian Desa PDTT dan kesiapan Satker Provinsi, Kabupaten hingga perangkat desa di seluruh Indonesia.

Dari data yang terkumpul dapat diidentifikasi status desa mandiri adalah 312 Desa, Desa maju 4.785, Desa berkembang 30.352, Desa tertinggal 27.201 dan sangat tertinggal 7.091 dari total data Desa yang masuk sebanyak 69.741 Desa. Terdapat beberapa desa yang belum memasukkan data dan akan segera ditindaklanjuti untuk mendapatkan Data Indeks Desa Membangun seluruh Indonesia agar pelaksana kebijakan dapat melakukan evaluasi dan target kedepan lebih terarah dan terukur  dengan adanya pengukuran pada tahun 2019 dan Nawacita presiden Jokowi dapat terjawab. (A)