Kain Batik Handmade dari BUMDes Magar


  Jumat, 29 Januari 2021 Berita DITJENPPMD

BUMDes Magar merupakan Badan Usaha Milik Desa yang berlokasi di Desa Semagar , Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. BUMDes Magar berkomitmen dalam membangun ekonomi masyarakat Desa dengan konsep pemberdayaan masyarakat Desa, sistem padat karya tunai melalui aktivitas produksi unit usaha yang ada tahun 2020. Melalui sistem padat karya tunai, hasil pekerjaan dihitung setiap 1 minggu sekali di hari sabtu yang kemudian dilanjutkan dengan pembayaran upah bagi pekerja. BUMDes Magar memberikan ruang ekonomi yang mampu memberikan financial benefit maupun social benefit.

Salah satu unit usaha BUMDes Magar adalah produksi  Kain Batik Handmade. Proses pembuatan kain batik BUMDes Magar diawali dengan pembuatan pola menggunakan lilin batik, proses pewarnaan kain secara manual dengan colet, proses lorod lilin dan diakhiri dengan pencucian sebagai finishing.  Kain batik yang dihasilkan berupa lembaran dengan ukuran 2,2 x 1,5 meter dengan bahan katun primisima.

Batik SDGs menjadi salah satu hasil karya BUMDes Magar yang berkualitas baik, dan bersama perlu kita dukung untuk meningkatkan produk lokal melalui https://toko.bumdesemagar.com/ atau kontak pada nomor 0852 2903 0789 (Bapak Riya). BUMDes Magar memberikan kesempatan kepada seluruh BUMDes di Indonesia untuk turut serta menjadi distributor/ agen. Motif batik dapat disesuaikan dengan karakteristik atau ciri khas wilayah di seluruh Indonesia mendukung SDGs Desa Nomor 17, Kemitraan untuk Pembangunan Desa.