DESA TANGGAP COVID-19


  Rabu, 08 April 2020 Berita DITJENPPMD

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi melalui Surat Edaran Menteri Desa, PDTT No.8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap COVID-19 berupaya menanggulagi, setidaknya menekan angka pasien positif virus COVID-19 dengan menetapkan Desa Tanggap COVID-19. Dalam hal ini, Menteri Desa PDTT bermaksud agar setiap Desa membentuk Relawan Desa Tanggap COVID-19.

Utamanya, Relawan Desa COVID-19 memberikan edukasi kepada masyarakat terkait gejala, cara penularan, dan pencegahan virus COVID-19, sesuai protokol dan standar WHO. Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar menyampaikan bahwa, kegiatan sosialisasi dan edukasi tersebut untuk tidak menimbulkan keramaian, melainkan dapat melalui media pamflet, poster, spanduk, brosur, baliho, radio komunitas, pengeras suara di tempat ibadah, sosialisasi dan edukasi keliling desa serta media sosial.

Relawan Desa Tanggap COVID-19 bertugas antara lain,

Pertama, bekerja sama dengan rumah sakit dan puskesmas untuk mencegah penularan virus;

Kedua, menempatkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) ke ruang isolasi yang sudah disiapkan;

Ketiga, menyiapkan logistik bagi masyarakat yang diisolasi;

Serta menghubungkan petugas tenaga medis gugus tugas COVID-19 di Kabupaten.

Dalam memenuhi tugas-tugas tersebut, relawan desa bekerja sesuai dengan prinsip kerja gotong royong. Artinya, melibatkan semua pihak mulai dari Kepala Desa, Aparat Desa, dan seluruh masyarakat yang ada di Desa.